Keraguan Bos Petronas Hilang Setelah Valentino Rossi Raih Podium di GP Andalusia

30 Juli 2020, 17:35 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Pembalap tim pabrikan Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi, bersama trofi peringkat ketiga GP Andalusia, Minggu (26/7/2020) lalu. Rossi diyakini akan memutuskan masa depannya seusai GP Rep. Ceko.
Pembalap tim pabrikan Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi, bersama trofi peringkat ketiga GP Andalusia, Minggu (26/7/2020) lalu. Rossi diyakini akan memutuskan masa depannya seusai GP Rep. Ceko. /Twitter/Valentino Rossi (@ValeYellow46)

  • Razlan Razali sempat meragukan kemampuan Valentino Rossi saat gagal finis di balapan pertama.
  • Podium yang diraih Valentino Rossi pada GP Andalusia memudahkan Razlan Razali berbicara kepada pemegang saham Petronas.
  • Razlan Razali tegaskan bakal pertahankan filosofi tim dan akan membantu Valentino Rossi tampil kompetitif dengan hal tersebut.

SKOR.id – Prinsipal Tim Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menegaskan keraguannya terhadap Valentino Rossi hilang ketika pembalap 41 tahun itu dapat meraih podium di Grand Prix (GP) Andalusia, Minggu (26/7/2020) lalu.

Sekadar informasi, Valentino Rossi berhasil mendapatkan podium MotoGP untuk kali pertama sejak GP Amerika Serikat pada 2019 lalu.

Di GP Andalusia yang digelar di Sirkuit Jerez, sama seperti lomba pertama (GP Spanyol), Valentino Rossi mampu kompetitif sepanjang balapan dengan terus menahan Maverick Vinales -- rekan setimnya di Monster Energy Yamaha MotoGP -- untuk podium kedua.

Sayang, kesalahan yang dibuatnya pada lap-lap terakhir membuat Valentino Rossi merelakan podium kedua dan mengaku puas finis di urutan ketiga.

"Vale adalah Vale. Sejujurnya saya ragu kepadanya pada balapan pertama (GP Spanyol). Tapi saya terus berbicara kepada diri sendiri bahwa The Doctor akan kembali dan dia melakukannya,” kata Razali seperti dikutip Skor.id dari Motorsport.com.

"Dia benar-benar membuat saya terkesan, meski kami balapan dalam kondisi cuaca yang sangat ekstrem." 

Razlan Razali juga mengatakan kinerja Valentino Rossi di GP Andalusia membuatnya lebih mudah dalam menjelaskan kepada pemegang saham mengapa harus memilih pria asal Italia itu pada 2021.

"Pemegang saham Petronas dan kami akan membuat pilihan berdasarkan bisnis. Tapi kami tak bisa mengabaikan fan yang menginginkan pembalap lokal,” ujar Razali.

“Itu bukan pilihan yang dipaksakan, tapi Vale bukanlah seorang pembalap yang biasa-biasa saja. Butuh waktu untuk memastikan, tapi apa yang dilakukannya pada pekan lalu membuat saya lebih mudah menjelaskan kepada pemegang saham.” 

Prinsipal Tim Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (kiri), bersama Direktur Tim, Johan Stigefelt, terbilang sukses menangani tim satelit Yamaha di MotoGP.
Prinsipal Tim Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (kiri), bersama Direktur Tim, Johan Stigefelt, terbilang sukses menangani tim satelit Yamaha di MotoGP. Twitter/PETRONAS SRT (@sepangracing)

Kesepakatan yang belum terjalin antara Petronas Yamaha SRT dan Valentino Rossi karena belum menemukan titik terang soal kru yang bisa dibawa juara dunia MotoGP tujuh kali (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009) itu.

Razlan Razali ingin mempertahankan kru dan melanjutkan folosifi yang telah dibangun sejak 2019, yang mana berhasil membawa Fabio Quartararo menjadi salah satu pembalap terbaik.

“Kami tidak ingin terkenal hanya karena kehadiran Valentino. Kami ingin siapa pun yang berlomba bersama kami bisa mendapatkan hasil terbaik,” tutur Razali.

“Dari sudut pandang tertentu, saya sangat senang karena telah menciptakan sesuatu setelah diragukan dan berada posisi saat ini bersama Fabio.” 

Alasan Razlan Razali tak ingin mengubah struktur timnya adalah tidak ingin setelah Valentino Rossi selesai dengan mereka akan ada banyak posisi kosong.

Pasalnya, ia tak tahu apakah kru yang dibawa Valentino Rossi bertahan bersama Petronas Yamaha SRT ketika pembalap veteran asal Italia itu memutuskan pensiun.

“Kami ingin melanjutkan folosofi itu dan kami ingin membantu Valentino dengan itu. Kami tidak ingin menjadi tim yang disorot hanya karena kehadirannya,” ujar Razali.

“Kami ingin membantu Valentino tampil kompetitif di usianya yang tak muda lagi. Setelah berbicara dengan Vale dan stafnya, kami memahami apa yang dibutuhkannya,” pungkasnya.

Belum dipastikan kapan Valentino Rossi bakal memutuskan masa depannya. Tetapi, ada kabar bahwa ia bakal mengumumkannya setelah balapan ketiga di Sirkuit Brno, Republik Ceko, 9 Agustus 2020 nanti.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia

Berita MotoGP Lainnya:

Andrea Dovizioso: Marc Marquez Masih Bisa Juarai MotoGP 2020

Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Andalusia: Valentino Rossi Selisih 34 Poin dari Fabio Quartararo

  • Sumber: motorsport.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    MotoGp

    Senin, 27 Juli 2020

    Jika Tak Podium di MotoGP Andalusia, Valentino Rossi Mulai Pikirkan Pensiun

    Valentino Rossi mulai ragu dengan masa depannya di MotoGP andai gagal naik podium di GP Andalusia 2020, Minggu (26/7/2020).

    MotoGp

    Selasa, 28 Juli 2020

    Maverick Vinales: Fabio Quartararo Favorit Juara Dunia MotoGP 2020

    Dua kemenangan dalam MotoGP 2020 membuat Maverick Vinales meyakini bahwa Fabio Quartararo favorit juara dunia musim ini.

    MotoGp

    Selasa, 28 Juli 2020

    Sete Gibernau: Valentino Rossi Sebaiknya Kurangi Kebencian ke Sesama Pembalap MotoGP

    Sete Gibernau menyebutkan bahwa Valentino Rossi hanya menunjukkan karakter sering bikin musuh di lintasan saja.

    Terbaru

    MotoGP

    Minggu, 29 Januari 2023

    Marc Marquez Sempat Dipaksa Sang Kakek Tinggalkan MotoGP

    Marc Marquez mengungkap fakta kelam yang dialaminya saat tengah dihantam cedera.

    MotoGP

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Fabio Quartararo Klaim Karismanya Mirip seperti Valentino Rossi

    Fabio Quartararo ingin meniru jejak kesuksesan Valentino Rossi di MotoGP bersama Yamaha dan menjadi ikon pabrikan garpu tala.

    MotoGP

    Sabtu, 28 Januari 2023

    KTM Beri Wild Card untuk Dani Pedrosa Turun di MotoGP Spanyol

    Dani Pedrosa akan turun bersama tim pabrikan KTM dengan fasilitas wild card pada MotoGP Spanyol 2023.

    MotoGP

    Kamis, 26 Januari 2023

    KTM Launching Motor Baru, Brad Binder dan Jack Miller Antusias Sambut MotoGP 2023

    Tim pabrikan KTM mengadakan peluncuran tim untuk MotoGP 2023 pada Kamis (26/1/2023).

    MotoGP

    Kamis, 26 Januari 2023

    Merasa Masih Oke, Jorge Martin Buka Pintu untuk Tawaran Tim Lain

    Belakangan, Jorge Martin kerap disebut akan meninggalkan Prima Pramac Racing untuk merapat ke Yamaha.

    MotoGP

    Kamis, 26 Januari 2023

    Fakta Menarik di Balik Nomor 1 pada Kejuaraan Dunia Balap Motor

    Nomor 1 akhirnya kembali ke MotoGP pada 2023 lewat Francesco Bagnaia setelah terakhir dipakai Casey Stoner pada musim 2012.

    MotoGP

    Kamis, 26 Januari 2023

    Prima Pramac Racing Diperkenalkan, Johann Zarco dan Jorge Martin Optimistis Tatap MotoGP 2023

    Dua rider Prima Pramac Racing, Johann Zarco dan Jorge Martin, optimistis dalam menatap persaingan MotoGP 2023 yang diprediksi bakal berlangsung lebih ketat.

    MotoGP

    Kamis, 26 Januari 2023

    Alasan Bos Ducati Tak Khawatir Duel di Dalam Tim

    Luigi “Gigi” Dall’Igna memiliki alasan mengapa dirinya tidak khawatir bakal terjadi perselisihan di internal tim menyusul duet Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

    MotoGP

    Rabu, 25 Januari 2023

    Alex Rins Semringah Sambut Ken Kawauchi di Paddock Honda

    Kedatangan Ken Kawauchi di paddock Honda disambut gembira oleh pembalap LCR Honda, Alex Rins.

    MotoGP

    Rabu, 25 Januari 2023

    45 Hari Usai Cedera, Fabio Quartararo Kembali Berlatih Motocross

    Fabio Quartararo terlihat melakukan latihan dengan motor motocross di Amerika Serikat, meskipun belum lama ini mengalami cedera pada tangan.
    X