Legawa Terima Kritik, Alex Marquez Ungkap Kelemahan Musim Ini

14 Oktober 2020, 22:30 WIB
Editor: I Gede Ardy Estrada
Pembalap Alex Marquez masih akan menjadi tumpuan tim Repsol Honda mendulang poin di MotoGP 2020 selama rekan sekaligus sang kakak, Marc Marquez, menjalani pemulihan cedera lengan kanan. /(Grafis: Hendy Andika S/Skor.id)

  • Pembalap Repsol Honda Alex Marquez tidak ingin berpuas diri meskipun telah meraih podium perdananya di MotoGP.
  • Alex Marquez mengakui dirinya bisa menerima segala kritik karena memang performanya belum sesuai ekspektasi.
  • Alex Marquez berambisi untuk melanjutkan momentum positifnya dalam dua balapan di Sirkuit Aragon, Spanyol.

SKOR.id – Setelah sembilan seri MotoGP 2020, pembalap Repsol Honda Alex Marquez akhirnya meraih podium perdana pada musim debut di kelas tertinggi, Minggu (11/10/2020).

Adik kandung Marc Marquez, juara dunia enam kali MotoGP, itu tampil luar biasa dalam Grand Prix (Prancis). Ia finis sebagai runner-up di belakang Danilo Petrucci (Ducati Team).

Pencapaian ini terbilang fantastis mengingat Alex Marquez harus memulai balapan dari posisi start ke-18 di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, dalam kondisi trek basah akibat hujan.

Namun begitu, pembalap 24 tahun tersebut tak ingin berpuas diri. Ia merasa masih perlu membuktikan bahwa dirinya bukan sekadar hadir sebagai pelengkap di kelas MotoGP.

Karena itu, Alex Marquez bisa menerima dengan lapang dada segala kritik yang ditujukan padanya sepanjang musim ini. Bahwa dirinya belum mampu memenuhi ekspektasi.

Marquez, yang datang sebagai juara dunia Moto2 2019, memang diharapkan mampu memanaskan persaingan MotoGP 2020. Apalagi ia didukung oleh tim terbaik, Repsol Honda.

Faktanya, Alex Marquez, yang juga pernah menjadi juara dunia Moto3 pada 2014, justru masih kesulitan beradaptasi mengendalikan motor RC213V, terutama saat kualifikasi.

Akibatnya, sepanjang musim ini, rider kelahiran Cervera, Spanyol pada 23 April 1996 tersebut tidak pernah start lebih tinggi dari urutan 16.

“Pada akhirnya saya tahu mengapa saya berada di sini dan mengapa saya mengenakan jersi (Repsol Honda) ini,” ujar Marquez seperti dilansir Autosport.com.

“Mereka mempercayai saya dan karena itu saya pikir kritikan terkadang bagus karena Anda bisa lebih termotivasi untuk membuktikan diri.”

“Saya setuju dengan para pengkritik karena memang performa saya tidak sesuai dengan ekspektasi kami, khususnya saat kualifikasi saya tidak secepat yang diinginkan,” imbuhnya.

Pembalap Tim Repsol Honda, Alex Marquez (depan), mampu menghentak menjelang akhir lomba GP Prancis, Minggu (11/10/2020), dengan menyodok ke posisi kedua berkat keunggulan mesin V4 di Honda RC213V andalannya.
Pembalap Tim Repsol Honda, Alex Marquez (depan), mampu menghentak menjelang akhir lomba GP Prancis, Minggu (11/10/2020), dengan menyodok ke posisi kedua berkat keunggulan mesin V4 di Honda RC213V andalannya. (Twitter/@HRC_MotoGP)

Meski demikian, dalam sembilan seri, Marquez mampu meraih poin dalam tujuh balapan di antaranya, termasuk saat meraih podium kedua GP Prancis, akhir pekan lalu.

Raihan sensasional di Sirkuit Bugatti, Le Mans, pun kini membawa Alex Marquez berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan raihan total 47 poin.

Kini, ia berharap bisa menjaga momentum positif GP Prancis dalam dua seri selanjutnya di Sirkuit Aragon Spanyol, GP Aragon (16-18 Oktober) dan GP Teruel (23-25 Oktober).

Namun, seperti yang diungkapkan Marquez, sangat penting baginya untuk bisa tampil baik dalam sesi kualifikasi agar mampu tampil maksimal akhir pekan nanti.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Lainnya:

Joan Mir Lega Masih Bisa Jaga Jarak dari Fabio Quartararo

Valentino Rossi Apes Gagal Finis dalam 3 Balapan Beruntun 

  • Sumber: AutoSport
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    MotoGP

    Kamis, 7 Mei 2020

    Alex Marquez Mengaku Sempat Didekati Petronas Yamaha SRT

    Alex Marquez mengakui sempat didekati Petronas Yamaha SRT yang berminat meminangnya pada MotoGP 2019.

    MotoGP

    Senin, 13 Juli 2020

    Alex Marquez Hijrah ke LCR Honda Mulai MotoGP 2021

    Alex Marquez resmi memperkuat LCR Honda untuk MotoGP 2021-2022.

    MotoGP

    Senin, 12 Oktober 2020

    Alex Marquez Makin Percaya Diri Usai Finis Runner Up di MotoGP Prancis 2020

    Alex Marquez merasa sangat senang dengan hasil impresif yang didapatkannya pada balapan MotoGP Prancis 2020.

    Terbaru

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    Link Live Streaming MotoGP Teruel 2020

    Race day MotoGP Teruel 2020 bisa disaksikan langsung di Trans7 dan sejumlah saluran live streaming, hari ini mulai pukul 17.00 WIB.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ducati Tak Membaik, Andrea Dovizioso Pasrah soal Gelar

    Rider Ducati Andrea Dovizioso berharap memiliki kecepatan seperti di masa lalu agar bisa memperjuangkan titel juara dunia MotoGP.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ragu Bisa Raih Podium, Fabio Quartararo Dukung Takaaki Nakagami

    Pembalap Fabio Quartararo merasa kecepatan YZR-M1 miliknya meningkat tetapi belum cukup untuk bertarung di barisan terdepan GP Teruel.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Joan Mir Jaga Ambisi Juara Dunia MotoGP 2020

    Joan Mir bertekad memanfaatkan peluang saat ini untuk mewujudkan impian juara MotoGP 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Inilah Rahasia Suzuki Mampu Menjadi Kandidat Juara Dunia

    Tim yang solid, dijalankan seperti keluarga seperti tim satelit, pembalap muda sangat berbakat, dan keberhasilan divisi teknik mengembangkan motor, menjadi kunci kehebatan Suzuki di MotoGP musim ini.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil Kualifikasi MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Pole Position, Sejarah 16 Tahun Lalu Terulang

    Takaaki Nakagami tampil impresif pada sesi kualifikasi MotoGP Teruel 2020 dan berhasil menyabet pole position yang bermakna penting.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil FP3 MotoGP Teruel 2020: Yamaha Impresif, Franco Morbidelli Tercepat

    Franco Morbidelli tampil sebagai pembalap dengan catatan waktu tercepat dari tiga sesi latihan bebas MotoGP Teruel 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Alex Marquez Dapat Nasihat Marc Marquez untuk Memenangi Balapan

    Pembalap Repsol Honda Alex Marquez mendapat wejangan dari Marc Marquez soal kapan dirinya harus menahan diri dan melakukan serangan.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Andrea Dovizioso Akui Ducati Belum Sesuai Harapan

    Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berharap dapat bertarung di barisan terdepan pada GP Teruel demi membawa pulang banyak poin.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Bisa Menang dengan Keunggulan 11 Detik

    Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow meyakini rekan setimnya, Takaaki Nakagami, akan segera meraih podium pertamanya di MotoGP.

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    Sepak Pojok

    X