MotoGP Aragon 2020: Andrea Dovizioso Ingin Bayar Kesalahan

15 Oktober 2020, 18:50 WIB
Editor: I Gede Ardy Estrada
Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. /(Grafis Sabir Harianto/Skor.id)

SKOR.id – Wajar Andrea Dovizioso kecewa dengan hasil yang diraihnya dalam Grand Prix (GP) Prancis, pekan lalu. Ia harus kehilangan podium karena melakukan kesalahan fatal.

Pembalap Ducati Team itu memilih ban soft (lunak) di depan dan belakang. Awalnya berjalan baik bagi Andrea Dovizioso selama Sirkuit Bugatti, Le Mans, basah akibat guyuran hujan.

Namun pada lap-lap akhir, di saat trek mulai kering, Dovizioso, yang sempat memimpin, kehilangan momentum karena bannya aus. Akibatnya, ia harus puas finis di posisi keempat.

Dovizioso tak menyangka hujan reda saat race masih berlangsung. Runner-up 3 kali MotoGP itu memprediksi trek tetap basah hingga akhir lomba sehingga berani memakai ban soft.

“Saya harus membayar mahal untuk pemilihan ban. Saya pakai soft-soft dan trek mengering pada lap-lap akhir. Akibatnya, saya tidak bisa menjaga kecepatan,” jelas Dovizioso.

“Saya melambat (jelang akhir balapan). Ban belakang habis dan saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Jelas mengecewakan karena saya pikir bisa meraih lebih banyak poin.”

Kendati demikian, Andrea Dovizioso meyakini persaingan juara dunia masih terbuka setelah dirinya sukses memangkas gap dengan pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo.

Kini, Dovizioso berjarak 18 poin dari rider Petronas Yamaha SRT itu. Sebelum GP Prancis, keduanya terpaut 24 poin. Ia juga menggeser Maverick Vinales dari posisi ketiga klasemen.

Ini membuat optimismenya kembali. Bagi Andrea Dovizioso, segala hal yang dialaminya di Le Mans akan jadi modal bagus menghadapi seri selanjutnya, GP Aragon, 16-18 Oktober 2020.

Meski menilai Sirkuit Aragon, Spanyol sebagai trek aneh, rekor Ducati di sana memberikan asa besar bagi Dovizioso untuk bisa terus menjaga peluang menjadi juara dunia musim ini.

Dalam dua balapan terakhir di Aragon, pria asal Italia tersebut sukses menjadi runner-up. Pada edisi 2018 dan 2019, ia hanya kalah dari Marc Marquez (Repsol Honda).

Rider tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso (depan), optimistis menghadapi balapan putaran ke-10 MotoGP 2020 di Sirkuit Aragon, Spanyol, 16-18 Oktober 2020.
Rider tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso (depan), optimistis menghadapi balapan putaran ke-10 MotoGP 2020 di Sirkuit Aragon, Spanyol, 16-18 Oktober 2020. (Twitter.com/Ducati Corse)

Dengan absennya Marc Marquez, tentu peluang Andrea Dovizioso merebut kemenangan sangat terbuka. Dan perlu diingat, balapan di Sirkuit Aragon akan digelar dua kali.

Artinya, dengan kata lain, ini bisa keuntungan besar bagi Dovizioso. Tetapi, sang rider tidak ingin sesumbar karena apa pun bisa terjadi saat balapan, khususnya pada MotoGP 2020.

“Aragon trek yang aneh. Ban, seperti di setiap balapan, akan menentukan. Di atas kertas, Yamaha sangat kuat, namun mereka, seperti kami, juga punya batas,” kata Dovizioso.

“Jadi, kami harus tetap bekerja keras mencari set-up motor yang tepat. Tahun lalu kami finis kedua dan jika bisa meraih banyak poin di sana, maka peluang (juara) bakal makin terbuka.”

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Lainnya:

Jadwal MotoGP Aragon 2020

Belum Pulih, Comeback Marc Marquez di MotoGP 2020 Harus Tertunda

 

  • Sumber: Motorsportweek
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    MotoGP

    Selasa, 1 September 2020

    Andrea Dovizioso Anggap Semua Pembalap MotoGP sebagai Pembohong

    Andrea Dovizioso tak yakin para pembalap mengatakan hal sesungguhnya karena semua tim memiliki masalah.

    MotoGP

    Rabu, 14 Oktober 2020

    Joan Mir Lega Masih Bisa Jaga Jarak dari Fabio Quartararo

    Pembalap Suzuki Joan Mir berhasil menghindari kemungkinan terburuk yang dapat dialaminya dalam MotoGP Prancis 2020, akhir pekan lalu.

    MotoGP

    Rabu, 14 Oktober 2020

    Legawa Terima Kritik, Alex Marquez Ungkap Kelemahannya Musim Ini

    Rider Repsol Honda Alex Marquez berambisi melanjutkan momentum positifnya pada GP Prancis dalam dua balapan di Sirkuit Aragon, Spanyol.

    Terbaru

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    Link Live Streaming MotoGP Teruel 2020

    Race day MotoGP Teruel 2020 bisa disaksikan langsung di Trans7 dan sejumlah saluran live streaming, hari ini mulai pukul 17.00 WIB.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ducati Tak Membaik, Andrea Dovizioso Pasrah soal Gelar

    Rider Ducati Andrea Dovizioso berharap memiliki kecepatan seperti di masa lalu agar bisa memperjuangkan titel juara dunia MotoGP.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ragu Bisa Raih Podium, Fabio Quartararo Dukung Takaaki Nakagami

    Pembalap Fabio Quartararo merasa kecepatan YZR-M1 miliknya meningkat tetapi belum cukup untuk bertarung di barisan terdepan GP Teruel.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Joan Mir Jaga Ambisi Juara Dunia MotoGP 2020

    Joan Mir bertekad memanfaatkan peluang saat ini untuk mewujudkan impian juara MotoGP 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Inilah Rahasia Suzuki Mampu Menjadi Kandidat Juara Dunia

    Tim yang solid, dijalankan seperti keluarga seperti tim satelit, pembalap muda sangat berbakat, dan keberhasilan divisi teknik mengembangkan motor, menjadi kunci kehebatan Suzuki di MotoGP musim ini.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil Kualifikasi MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Pole Position, Sejarah 16 Tahun Lalu Terulang

    Takaaki Nakagami tampil impresif pada sesi kualifikasi MotoGP Teruel 2020 dan berhasil menyabet pole position yang bermakna penting.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil FP3 MotoGP Teruel 2020: Yamaha Impresif, Franco Morbidelli Tercepat

    Franco Morbidelli tampil sebagai pembalap dengan catatan waktu tercepat dari tiga sesi latihan bebas MotoGP Teruel 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Alex Marquez Dapat Nasihat Marc Marquez untuk Memenangi Balapan

    Pembalap Repsol Honda Alex Marquez mendapat wejangan dari Marc Marquez soal kapan dirinya harus menahan diri dan melakukan serangan.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Andrea Dovizioso Akui Ducati Belum Sesuai Harapan

    Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berharap dapat bertarung di barisan terdepan pada GP Teruel demi membawa pulang banyak poin.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Bisa Menang dengan Keunggulan 11 Detik

    Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow meyakini rekan setimnya, Takaaki Nakagami, akan segera meraih podium pertamanya di MotoGP.

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    Sepak Pojok

    X