MotoGP Emilia Romagna 2020: Fabio Quartararo Khawatirkan Start Buruk

20 September 2020, 17:05 WIB
Editor: Doddy Wiratama
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) berharap penampilan apik Yamaha YZR-M1 pada latihan bebas GP San Marino, berlanjut hingga lomba besok.
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) berharap penampilan apik Yamaha YZR-M1 pada latihan bebas GP San Marino, berlanjut hingga lomba besok. /(Grafis/Hendy Andika S/Skor.id)

SKOR.idFabio Quartararo mengaku punya kelemahan saat start yang menjadi kekhawatiran utamanya menghadapi balapan GP Emilia Romagna 2020 pada (20/9/2020).

Pembalap Petronas Yamaha SRT bakal memulai balapan dari barisan terdepan, tepatnya di grid kedua. Namun, ia khawatir akan kehilangan posisi setelah tikungan pertama.

Pasalnya, petaka itu terjadi pada akhir pekan lalu di Sirkuit Misano, San Marino, kala ia harus turun dua peringkat setelah memulai balapan dari grid ketiga.

Berada di belakang Maverick Vinales yang sedang berusaha mendapatkan kecepatan terbaik, membuat Fabio Quartararo kehilangan banyak waktu untuk mengejar pembalap di depan.

Quartararo yang terus tampil menekan justru terjatuh. Bukan hanya sekali, pria asal Prancis itu kembali terjatuh setelah memasuki pit dan akhirnya menyelesaikan balapan lebih awal.

“Kami akan melihat apa yang bisa kami lakukan di balapan. Saya senang kami mengalami progres karena saya selalu kesulitan saat start,” kata Quartararo.

“Saya senang bisa start dari barisan terdepan, terlebih bisa meningkatkan catatan lap. Saya tak sabar untuk balapan,” ujarnya seperti dikutip Skor.id dari Tuttomotoriweb.com.

Sepanjang akhir pekan ini, Fabio Quartararo juga melakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan setelan terbaik pada motor Yamaha YZR-M1 miliknya.

Namun, saat kualifikasi ia melakukan kesalahan dengan setelan motornya sehingga gagal mencatatkan lap terbaik untuk meraih pole position.

“Kami akan menggunakan setelan saat FP2 untuk balapan. Saya merasa nyaman dengan itu. Saya telah melakukan dua kesalahan dengan setelan terbaru,” ujar Quartararo.

“Start di akhir pekan lalu tak begitu baik, tetapi itu salah satu yang terburuk. Saya kesulitan untuk tampil konsisten sejak awal balapan,” ia melanjutkan.

Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi yang tercepat pada FP1 MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Jumat, 18 September 2020.
Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi yang tercepat pada FP1 MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Jumat, 18 September 2020. (Twitter.com/Fabio Quartararo/@FabioQ20)

Sementara itu, pada Selasa (15/9/2020), MotoGP menggelar tes yang diikuti seluruh tim di Sirkuit Misano. Fabio Quartararo merasa bahwa tes itu memberikan dampak baik baginya.

“Saat tes saya memahami batasan. Tikungan 11 sangat cepat dan Anda ingin melaju secepat mungkin. Kami kesulitan di sektor dua pada pekan lalu, sekarang tidak,” kata Quartararo.

“Sekarang saya memiliki masalah pada sektor keempat. Kami akan berusaha untuk menemukan solusinya,” pembalap berjuluk El Diablo itu menerangkan.

Pada pekan ini, kondisi cuaca di Sirkuit Misano lebih dingin dan itu membuat Fabio Quartararo lebih mudah dalam menentukan pilihan ban.

“Ada banyak pembalap yang bisa memperjuangkan kemenangan di sini. Sekarang trek memiliki daya cengkeram lebih baik, jadi semua pembalap melaju sangat cepat,” ujarnya.

“Namun, Tikungan 3 dan 11 cukup sulit. Motor terlalu banyak bergerak ketika Anda keluar dari jalur balap tetapi saya rasa tim telah bekerja dengan baik,” ia memungkasi.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Baca berita MotoGP lainnya:

MotoGP Emilia Romagna 2020: Fabio Quartararo Waspadai Tiga Pembalap

Fabio Quartararo Sebut Problem Paling Dasar Yamaha Belum Tuntas

  • Sumber: tuttomotoriweb.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    MotoGP

    Minggu, 20 September 2020

    Jadwal dan Link Live Streaming MotoGP Emilia Romagna 2020 Hari Ini

    Kelas primer MotoGP Emilia Romagna 2020 akan disiarkan langsung oleh Trans 7 pada Minggu (20/9/2020) pukul 19:00 WIB.

    MotoGP

    Minggu, 20 September 2020

    MotoGP Emilia Romagna 2020: Alex Marquez Masih Kesulitan Mengontrol Motor

    Pembalap Repsol Honda Alex Marquez mengklaim motor RC213V di luar kendali dan lebih radikal saat kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2020, kemarin.

    MotoGP

    Minggu, 20 September 2020

    Valentino Rossi Tak Akan Menurunkan Tim VR46 pada MotoGP 2021

    Valentino Rossi merasa 2022 jadi momen tepat untuk membawa VR46 ke MotoGP dan bergabung dengan pabrikan papan atas.

    Terbaru

    MotoGP

    Minggu, 5 Februari 2023

    Ducati Turunkan Mesin Bertenaga Lebih Besar di MotoGP 2023

    Direktur Teknis Ducati Davide Barana mengungkapkan bila pihaknya akan menurunkan motor dengan mesin bertenaga lebih besar pada MotoGP 2023.

    MotoGP

    Minggu, 5 Februari 2023

    Cal Crutchlow Curhat Betapa Panasnya Sirkuit Sepang saat MotoGP Malaysia

    Test rider Yamaha Cal Crutchlow mengatakan suhu tikungan satu di Sepang bisa mencapai 40 derajat ketika balapan MotoGP.

    MotoGP

    Sabtu, 4 Februari 2023

    Shakedown Test, Ajang Rookie dan Pembalap Penguji MotoGP Jajal Motor Baru

    Shakedown Test untuk MotoGP 2023 diikuti oleh pembalap penguji dan rookie, tanpa rider tim konsesi.

    MotoGP

    Jumat, 3 Februari 2023

    Valentino Rossi vs Marc Marquez, Siapa Terbaik di Usia 30?

    Marc Marquez akan genap berusia 30 tahun pada 17 Februari nanti. Seperti apa performanya menjelang usia tersebut, jika dibandingkan dengan Valentino Rossi?

    MotoGP

    Kamis, 2 Februari 2023

    Honda Luncurkan Tim MotoGP 2023 pada 22 Februari Mendatang

    Peluncuran Repsol Honda untuk MotoGP 2023 bakal diselenggarakan pada 22 Februari mendatang.

    MotoGP

    Kamis, 2 Februari 2023

    Begini Jadwal Akhir Pekan Balap MotoGP 2023 dengan Kehadiran Sprint Race

    Musim 2023 akan menandai era baru MotoGP dengan hadirnya sprint race pada setiap akhir pekan Grand Prix.

    MotoGP

    Rabu, 1 Februari 2023

    Skor 5: Pembalap Honda dengan Kemenangan Terbanyak Kelas Premier

    Honda masih menjadi pabrikan tersukses di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Lantas, siapa saja pembalap yang mampu memberikan kemenangan sangat banyak di kelas premier?

    MotoGP

    Selasa, 31 Januari 2023

    Livio Suppo: Problem di Honda Hampir Mustahil Dipahami

    Mantan Manajer Tim Suzuki Ecstar Livio Suppo tidak mengerti apa sebenarnya problem Honda sehingga tidak mampu memenangi balapan pada MotoGP 2022 lalu.

    MotoGP

    Senin, 30 Januari 2023

    Jelang MotoGP 2023, Valentino Rossi Ajak Pembalap VR46 Rider Academy Latihan di Portugal

    Legenda MotoGP Valentino Rossi membawa motor hadiah dari Yamaha untuk latihan bersama para pembalap didikannya di Portugal.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X