Skor 10: Momen Terbesar dalam MotoGP 2022

11 November 2022, 15:11 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Aksi Darryn Binder (#40) dalam balapan MotoGP Qatar 2022 yang berlangsung di Sirkuit Lusail pada Minggu (6/3/2022).
Aksi Darryn Binder (#40) dalam balapan MotoGP Qatar 2022 yang berlangsung di Sirkuit Lusail pada Minggu (6/3/2022). /twitter.com/yamaharacingcom

 

  • Sejumlah peristiwa besar mewarnai setahun Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 yang tuntas pada akhir pekan lalu.
  • Keputusan mundur Suzuki dan kebangkitan Francesco Bagnaia cukup menjadi sorotan.
  • Menurunnya performa Yamaha dan Honda yang masi jalan di tempat juga menarik atensi.

SKOR.id - Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 sudah berakhir usai digelarnya GP Valencia, Spanyol, akhir pekan lalu. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang hanya finis P9 di Sirkuit Ricardo Tormo, memastikan gelar kampiun.

Ducati mampu mendominasi MotoGP 2022 karena selain memenangi tiga gelar utama: pembalap (Bagnaia), konstruktor/pabrikan, dan tim (Ducati Lenovo), mereka juga menguasai kejuaraan pole position alias BMW M Award (Bagnaia) dan Rookie of The Year (Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing).

Pun begitu, masih ada sejumlah momen besar yang terjadi di MotoGP 2022. Berikut 10 di antaranya:

1. Kemenangan di GP Qatar, Sinyal Enea Bastianini Bakal Menjadi Bintang

Enea Bastianini berpose dengan pimpinan tim Gresini Racing, Nadia Padovani, usai memenangi MotoGP Qatar 2022 yang berlangsung di Sirkuit Lusail pada Minggu (6/3/2022).
Enea Bastianini berpose dengan pimpinan tim Gresini Racing, Nadia Padovani, usai memenangi MotoGP Qatar 2022 yang berlangsung di Sirkuit Lusail pada Minggu (6/3/2022). twitter.com/GresiniRacing

Pembalap muda Gresini Racing ini mampu merebut kemenangan pertama sepanjang kariernya di MotoGP (debut pada 2021) dengan menjadi yang terbaik pada balapan pembuka di Sirkuit Lusail, Qatar, 6 Maret lalu.

Setelah itu, kemenangan sepertinya tinggal menunggu waktu bagi pembalap asal Italia tersebut. Terbukti, usai GP Qatar, Bastianini kembali mampu menang di Amerika, Prancis, dan Aragon.  

2. Marc Marquez Kecelakaan Hebat pada Sesi Warm Up di Mandalika

Momen saat Marc Marquez mengalami insiden highside crash dalam sesi warm up MotoGP Indonesia 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3/2022).
Momen saat Marc Marquez mengalami insiden highside crash dalam sesi warm up MotoGP Indonesia 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3/2022). twitter.com/MotoGP

Pembalap Tim Repsol Honda ini mengalami highside (kecelakaan dengan posisi pembalap terpelanting) saat sesi warm up GP Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, balapan kedua pada 20 Maret lalu.

Marquez tidak mampu start di Mandalika dan absen pada balapan berikutnya di Argentina. Setelah GP Italia, putaran kedelapan, Marquez absen panjang (enam balapan) karena menjalani operasi keempat pada lengan kanannya.

Menariknya, juara dunia MotoGP enam kali (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019) itu masih menjadi pembalap terbaik Honda di klasemen akhir MotoGP 2022 dengan menempati peringkat ke-13.  

3. GP Argentina, Buah Kerja Keras Aleix Espargaro dan Aprilia

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, merayakan keberhasilannya merebut pole position MotoGP Argentina 2022 dengan mencium motor RS-GP. Sehari kemudian, ia berhasil merebut kemenangan pertama sepanjang karier dan untuk Aprilia di kelas MotoGP.
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, merayakan keberhasilannya merebut pole position MotoGP Argentina 2022 dengan mencium motor RS-GP. Sehari kemudian, ia berhasil merebut kemenangan pertama sepanjang karier dan untuk Aprilia di kelas MotoGP. (INSTAGRAM MOTOGP)

Aleix Espargaro berhasil memenangi race ke-200 sepanjang karier di kelas MotoGP saat menyepurnakan pole position GP Argentina dengan kemenangan. Sukses di putaran ketiga MotoGP 2022 itu sekaligus menjadi pole dan kemenangan pertama bagi Espargaro dan Aprilia di kelas premier.

Aleix Espargaro sendiri mengakhiri musim 2022 di peringkat keempat klasemen akhir, hasil terbaiknya tidak hanya di kategori MotoGP (debut pada 2012) tetapi sepanjang kariernya di Kejuaraan Dunia Balap Motor.   

4. Suzuki Memutuskan Mundur Usai MotoGP 2022 Berakhir

Joan Mir (kiri) dan Alex Rins (kanan) menjadi pembalap tim pabrikan terakhir Suzuki di MotoGP 2022. Tampak keduanya berpose saat perkenalan tim dan Suzuki GSX-RR versi 2022 pada awal Februari lalu.
Joan Mir (kiri) dan Alex Rins (kanan) menjadi pembalap tim pabrikan terakhir Suzuki di MotoGP 2022. Tampak keduanya berpose saat perkenalan tim dan Suzuki GSX-RR versi 2022 pada awal Februari lalu. (INSTAGRAM MOTOGP)

Pada 13 Juli 2022, Suzuki mengejutkan paddock MotoGP dengan menyatakan mundur dari kelas premier pada akhir musim. Debut pada 1979 (saat kelas utama masih bernama 500cc), ini kali kedua Suzuki menyatakan mundur dari kategori tertinggi.

Setelah mundur dari MotoGP pada akhir 2011, Suzuki kembali pada 2015. Namun, kendati mampu memenangi gelar pembalap dan tim pada MotoGP 2020, Suzuki hanya merebut total enam kemenangan dan tanpa pole position selama rentang delapan musim turun.

Keputusan Suzuki mundur membuat kedua pembalapnya, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir dan Alex Rins – pemenang 5 Grand Prix bersama pabrikan asal Hamamatsu, Jepang, tersebut – pindah masing-masing ke Repsol Honda dan LCR Honda.   

5. GP Jerman: Francesco Bagnaia Tertinggal 91 Poin dari Fabio Quartararo

Bagnaia berhasil merebut pole position di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Namun, ia terjatuh di lap ketiga saat mengejar Quartararo. El Diablo yang start dari grid kedua berhasil memenangi balapan ke-10 itu.

Tambahan 25 poin membuat posisi Quartararo makin kokoh di puncak klasemen dengan 172 poin, meninggalkan Bagnaia yang terpuruk di P6 dengan gap hingga 91 poin.  

6. GP Belanda: Antiklimaks Quartararo, Bagnaia Awali 4 Kemenangan Beruntun

Momen saat Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) saat terjatuh dari motornya seusai menyenggol Aleix Espargaro (Aprilia) di MotoGP Belanda 2022.
Momen saat Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) saat terjatuh dari motornya seusai menyenggol Aleix Espargaro (Aprilia) di MotoGP Belanda 2022. Twitter MotoGP

GP Belanda, putaran ke-11 atau balapan terakhir paruh pertama MotoGP 2022, menjadi antiklimaks bagi Quartararo. Diawal senggolan dengan Aleix Espargaro yang membuatnya terjatuh. Pembalap asal Prancis itu kemudian terjatuh lagi hingga mundur di lap 11.

Sebaliknya, Bagnaia berhasil memenangi lomba sekaligus memangkas selisih poin, meskipun saat itu masih cukup besar, 66.  

7. Quartararo Mulai Sadar Gelar Sulit Dipertahankan Usai GP Aragon

Putaran ke-15, GP Aragon, Quartararo kembali tidak mampu merebut poin. Ia terjatuh di Tikungan 3 pada lap pertama karena ban depan motornya bersenggolan dengan ban belakang Honda RC213V milik Marc Marquez.

 

Pemenang lomba memang Bastianini. Tetapi, finis kedua yang direbut Bagnaia membuat gapnya di posisi kedua dengan Quartararo di puncak menjadi tinggal 10 poin.

Kemenangan Bastianini juga membantu Ducati memastikan gelar juara dunia pabrikan di MotoGP untuk kali ketiga secara beruntun atau keempat total.

8. GP Australia, Balapan MotoGP Terbaik Musim Ini

Duel sengit terjadi di Sirkuit Phillip Island saat tak kurang empat pembalap bersaing di kelompok depan. Alex Rins (Suzuki Ecstar) berhasil memaksa Marc Marquez dan Bagnaia untuk finis P2 dan P3.

Kecelakaan yang memaksa Quartararo mundur di lap 10, membuatnya kehilangan posisi puncak yang direbut Bagnaia. Menjelang dua balapan terakhir itu, Bagnaia berbalik unggul 14 poin atas Quartararo di posisi kedua.  

9. Rivalitas Bastianini-Bagnaia Makin Panas di GP Malaysia

Francesco Bagnaia (kiri) dan Enea Bastianini mempertontonkan duel sengit pada MotoGP Malaysia 2022.
Francesco Bagnaia (kiri) dan Enea Bastianini mempertontonkan duel sengit pada MotoGP Malaysia 2022. (TWITTER MOTOGP)

Para bos Ducati terlihat waswas saat Bastianini terus menempel Bagnaia. Maklum, saat itu Ducati meminta para pemakai Desmosedici GP agar tidak “memaksakan diri” melewati Bagnaia jika tak krusial benar.

Faktanya, Bastianini yang notabene akan menjadi rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati pada musim 2023, jelas berupaya untuk mengejar finis P3 klasemen akhir.

Bagnaia akhirnya memang mampu memaksa Bastianini finis P2. Namun, duel di Sepang ini bukan kali pertama Bastianini karena ia sebelumnya berhasil memaksa Bagnaia menyerah di Prancis.   

10. Bagnaia Akhiri Penantian Panjang Ducati di GP Valencia

Francesco Bagnaia mengakhiri penantian 15 tahun Ducati akan gelar pembalap di kelas MotoGP setelah kali juara lewat Casey Stoner pada 2007. Fabio Quartararo harus puas di peringkat kedua klasemen diikuti Enea Bastianini.    

Berita MotoGP Lainnya:

Juara Dunia MotoGP, Francesco Bagnaia Masih Ragu Pakai Nomor 1

Ducati Mengakui Fabio Quartararo Lebih Komplet

Jorge Martin: Mesin Ducati 2023 Serupa 2021, Fairing Mirip Aprilia

 

 

 

 

 

 

 

 

Tag

Video

Berita Terkait

MotoGP

Selasa, 8 November 2022

5 Momen Emas dalam Karier Francesco Bagnaia

Titel juara dunia MotoGP 2022 resmi direbut oleh Francesco Bagnaia.

MotoGP

Selasa, 8 November 2022

Enea Bastianini Akan Belajar dari Francesco Bagnaia

Enea Bastianini bergabung dengan tim pabrikan Ducati mulai MotoGP 2023 bersama juara dunia Francesco “Pecco” Bagnaia.

MotoGP

Jumat, 11 November 2022

Francesco Bagnaia Ingatkan Enea Bastianini untuk Tak Bermain Api

Musim depan, kursi pembalap tim pabrikan Ducati akan diisi oleh Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

Terbaru

MotoGP

Senin, 30 Januari 2023

Jelang MotoGP 2023, Valentino Rossi Ajak Pembalap VR46 Rider Academy Latihan di Portugal

Legenda MotoGP Valentino Rossi membawa motor hadiah dari Yamaha untuk latihan bersama para pembalap didikannya di Portugal.

MotoGP

Senin, 30 Januari 2023

5 Pemenang Race Terbanyak MotoGP: Marc Marquez Berpeluang Libas Giacomo Agostini

Valentino Rossi masih memegang rekor kemenangan terbanyak di kelas premier. Kini, Marc Marquez diyakini mampu melewati catatan Giacomo Agostini.

MotoGP

Senin, 30 Januari 2023

Jack Miller Berharap Bisa Samai Rekor Loris Capirossi pada MotoGP 2023

Pembalap tim pabrikan KTM, Jack Miller, berharap mampu menyamai rekor Loris Capirossi pada MotoGP musim ini.

MotoGP

Minggu, 29 Januari 2023

Jorge Martin Optimistis dengan Performa Motor Anyar Ducati di MotoGP 2023

Jorge Martin optimistis dengan performa motor anyar Ducati yang akan digunakan mengarungi MotoGP 2023.

MotoGP

Minggu, 29 Januari 2023

Jack Miller: Saya Yakin Semua akan Suka Sprint Race

Kendati masih mengundang perdebatan, Jack Miller meyakini bahwa saat diterapkan nanti, semua orang akan suka sprint race.

MotoGP

Minggu, 29 Januari 2023

Marc Marquez Sempat Dipaksa Sang Kakek Tinggalkan MotoGP

Marc Marquez mengungkap fakta kelam yang dialaminya saat tengah dihantam cedera.

MotoGP

Sabtu, 28 Januari 2023

Fabio Quartararo Klaim Karismanya Mirip seperti Valentino Rossi

Fabio Quartararo ingin meniru jejak kesuksesan Valentino Rossi di MotoGP bersama Yamaha dan menjadi ikon pabrikan garpu tala.

MotoGP

Sabtu, 28 Januari 2023

KTM Beri Wild Card untuk Dani Pedrosa Turun di MotoGP Spanyol

Dani Pedrosa akan turun bersama tim pabrikan KTM dengan fasilitas wild card pada MotoGP Spanyol 2023.

MotoGP

Kamis, 26 Januari 2023

KTM Launching Motor Baru, Brad Binder dan Jack Miller Antusias Sambut MotoGP 2023

Tim pabrikan KTM mengadakan peluncuran tim untuk MotoGP 2023 pada Kamis (26/1/2023).

MotoGP

Kamis, 26 Januari 2023

Merasa Masih Oke, Jorge Martin Buka Pintu untuk Tawaran Tim Lain

Belakangan, Jorge Martin kerap disebut akan meninggalkan Prima Pramac Racing untuk merapat ke Yamaha.
X