Yamaha Tak Cari Pengganti Valentino Rossi, Kans Jorge Lorenzo Tertutup

16 Oktober 2020, 18:45 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) berbincang dengan salah satu kru di sela-sela balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. /(Twitter/YamahaMotoGP)

  • Valentino Rossi terpaksa menepi dari hiruk pikuk agenda MotoGP 2020 setelah positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
  • Meski ditinggal Valentino Rossi, setidaknya selama dua seri, tim Monster Energy Yamaha memutuskan untuk tak mencari pembalap pengganti.
  • Dengan begitu, kans Jorge Lorenzo maupun pembalap lain untuk menggantikan posisi Valentino Rossi harus tertutup.

SKOR.id - Tim Monster Energy Yamaha dikabarkan tak akan mencari pengganti Valentino Rossi yang terpaksa absen sejenak dari MotoGP karena terjangkit virus corona (Covid-19).

Valentino Rossi diumumkan positif terinfeksi Covid-19 pada Kamis (15/10/2020) malam WIB. Sesuai prosedur, The Doctor tak bisa mengikuti agenda balap hingga dinyatakan pulih.

Sialnya, Valentino Rossi terjangkit virus itu saat MotoGP sedang menatap jadwal padat, seri ke-10 dan ke-11, yang akan digelar beruntun di Sirkuit Aragon, Spanyol.

Pada akhir pekan ini, 16-18 Oktober 2020, GP Aragon akan dihelat. Sepekan kemudian, 13-15 Oktober 2020, lintasan yang sama akan digunakan untuk menggelar GP Teruel.

Meski dipastikan harus kehilangan Valentino Rossi dalam dua balapan di Sirkuit Aragon, pihak Monster Energy Yamaha rupanya tak tertarik untuk menunjuk pembalap pengganti.

Hal itu diungkapkan manajer tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, dalam sebuah wawancara dengan Sky Sport Italia pada Jumat (16/10/2020).

"Kemarin, kami menerima sebuah kejutan yang buruk. Rossi terinfeksi (Covid-19) dan sekarang kami berharap agar dia bisa kembali secepatnya," ujar Massimo Meregalli.

"Rossi merasakan sejumlah gejala dan kami berharap dia kembali di Valencia 1 (GP Eropa, 8 November 2020). Kami tak berharap dia bisa kembali di Aragon 2 (GP Teruel)."

"Kami juga belum membuka pembicaraan soal penggantinya di sini (Aragon) dan saya pikir kami tak akan melakukannya," ujar pria asal Italia itu.

Valentino Rossi melambaikan tangan ke arah penonton yang datang langsung ke Sirkuit Misano untuk menyaksikan balapan MotoGP San Marino 2020 pada Minggu, 13 September 2020.
Valentino Rossi melambaikan tangan ke arah penonton yang datang langsung ke Sirkuit Misano untuk menyaksikan balapan MotoGP San Marino 2020 pada Minggu, 13 September 2020. (Twitter/YamahaMotoGP)

Sebelumnya, sejumlah nama pembalap sempat diisukan bakal menggantikan posisi Valentino Rossi di Sirkuit Aragon, Spanyol.

Salah satu nama yang santer beredar adalah Jorge Lorenzo yang saat ini berpredikat sebagai pembalap penguji alias test rider Yamaha di MotoGP.

Namun, pernyataan Massimo Meregalli di atas tampaknya telah menutup kans Jorge Lorenzo, beserta kandidat lain, untuk menunggangi YZR-M1 di GP Aragon dan Teruel.

Lagi pula, Massimo Meregalli juga merasa bahwa performa Jorge Lorenzo dalam beberapa kesempatan belum cukup meyakinkan.

"Dalam sesi tes resmi di Portimao (Portugal), Lorenzo menunjukkan bahwa dia masih butuh banyak waktu di lintasan," kata Meregalli.

"Lorenzo telah menghabiskan banyak waktu di lintasan, tetapi dia masih kehilangan kecepatan dan kemampuan mengerem yang memadai."

Jorge Lorenzo saat ini masih berstatus pembalap penguji utama Yamaha Factory Racing Eropa sejak Januari 2020.
Jorge Lorenzo saat ini masih berstatus pembalap penguji utama Yamaha Factory Racing Eropa sejak Januari 2020. Twitter/Jorge Lorenzo (@lorenzo99)

Pada kesempatan itu, Massimo Meregalli mengatakan bahwa pihaknya baru akan mencari pengganti Valentino Rossi jika belum fit menjelang MotoGP Eropa (8/11/2020).

"Jika Vale tak bisa pulih saat tampil di GP Valencia 1 (GP Eropa), kami masih punya waktu untuk mencari solusi lain," Massimo Meregalli memungkasi.

Dengan demikian, Maverick Vinales untuk sementara bakal menjadi satu-satunya pembalap Monster Energy Yamaha.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Lainnya:

MotoGP Aragon 2020: Positif Covid-19, Valentino Rossi Batal Turun di GP Aragon

MotoGP Aragon 2020: Kendati Terpukul, Yamaha Tidak Sebut Siapa Pengganti Valentino Rossi

  • Sumber: motogp.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    MotoGP

    Jumat, 16 Oktober 2020

    Kronologi Valentino Rossi Positif Covid-19: Gejala Muncul usai Bangun Pagi

    Gelaran MotoGP Aragon kini akan terasa tak lengkap setelah Valentino Rossi dipastikan menarik diri dari balapan.

    MotoGP

    Jumat, 16 Oktober 2020

    Jadwal MotoGP Aragon Hari Ini, Minus Valentino Rossi

    Putaran ke-10 MotoGP 2020 yang bertajuk Grand Prix (GP) Aragon di Sirkuit Motorland, akan dimulai hari ini atau Jumat (16/10/2020).

    MotoGP

    Jumat, 16 Oktober 2020

    Hasil FP1 MotoGP Aragon 2020: Tanpa Valentino Rossi, 3 Rider Yamaha Sukses Mendominasi

    Meski tampil tanpa Valentino Rossi, tiga penunggang Yamaha sukses menguasai sesi FP1 MotoGP Aragon 2020.

    Terbaru

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    Link Live Streaming MotoGP Teruel 2020

    Race day MotoGP Teruel 2020 bisa disaksikan langsung di Trans7 dan sejumlah saluran live streaming, hari ini mulai pukul 17.00 WIB.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ducati Tak Membaik, Andrea Dovizioso Pasrah soal Gelar

    Rider Ducati Andrea Dovizioso berharap memiliki kecepatan seperti di masa lalu agar bisa memperjuangkan titel juara dunia MotoGP.

    MotoGP

    Minggu, 25 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Ragu Bisa Raih Podium, Fabio Quartararo Dukung Takaaki Nakagami

    Pembalap Fabio Quartararo merasa kecepatan YZR-M1 miliknya meningkat tetapi belum cukup untuk bertarung di barisan terdepan GP Teruel.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Joan Mir Jaga Ambisi Juara Dunia MotoGP 2020

    Joan Mir bertekad memanfaatkan peluang saat ini untuk mewujudkan impian juara MotoGP 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Inilah Rahasia Suzuki Mampu Menjadi Kandidat Juara Dunia

    Tim yang solid, dijalankan seperti keluarga seperti tim satelit, pembalap muda sangat berbakat, dan keberhasilan divisi teknik mengembangkan motor, menjadi kunci kehebatan Suzuki di MotoGP musim ini.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil Kualifikasi MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Pole Position, Sejarah 16 Tahun Lalu Terulang

    Takaaki Nakagami tampil impresif pada sesi kualifikasi MotoGP Teruel 2020 dan berhasil menyabet pole position yang bermakna penting.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    Hasil FP3 MotoGP Teruel 2020: Yamaha Impresif, Franco Morbidelli Tercepat

    Franco Morbidelli tampil sebagai pembalap dengan catatan waktu tercepat dari tiga sesi latihan bebas MotoGP Teruel 2020.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Alex Marquez Dapat Nasihat Marc Marquez untuk Memenangi Balapan

    Pembalap Repsol Honda Alex Marquez mendapat wejangan dari Marc Marquez soal kapan dirinya harus menahan diri dan melakukan serangan.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Andrea Dovizioso Akui Ducati Belum Sesuai Harapan

    Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berharap dapat bertarung di barisan terdepan pada GP Teruel demi membawa pulang banyak poin.

    MotoGP

    Sabtu, 24 Oktober 2020

    MotoGP Teruel 2020: Takaaki Nakagami Bisa Menang dengan Keunggulan 11 Detik

    Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow meyakini rekan setimnya, Takaaki Nakagami, akan segera meraih podium pertamanya di MotoGP.

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    Sepak Pojok

    X